Dukung SABER PUNGLI sapu bersih Pungutuan liar Bagi Semua Lembaga Pemerintah

Fenomena Gantung Diri dan Pencegahannya

Fenomena Gantung Diri dan Pencegahannya


Biro DIY

Yogyakarta- Cakrawalaonline, Mengurangi Bencana Orang Gantung Diri , Berbagai Penderitaan Hidup atau Kesulitan Hidup Menyebabkan Orang mencari jalan pintas mengakhiri Hidup dengan cara gantung diri. Penyebabnya bermacam macam, penulis mencoba wawancara dengan para tokoh. Bupati Gunungkidul, Hj Badingah SSos mengungkapkan, seperti diungkapkan. Kades Giriharjo kecamatan panggang kabupaten Gunungkidul DIY, Aris Eko Widiyanto S.Sos menjelaskan, untuk mengurangi korban mati karena gantung diri, bupati sudah sering mengadakan pendekatan pada masyarakat. Di masyarakat diwaspadai orang orang yang pergaulannya sering menyendiri, seperti menyimpan beban penderitaan, terlilit hutang dan beban penderitaan hidup yang tidak bisa diterka orang lain. Hal itu semua telah disiasati dengan cara pengurangan beban ekonomi. Tetangga di masarakat juga harus saling memantau pergaulan kepada warga masarakat yang terkesan menanggung beban hidup sangat berat.

Sementara Tulus kades Giriwungu kecamatan Panggang kabupaten Gunungkidul DIY mengungkapkan, penyebab gantung diri adalah karena dia sikurban biasanya pernah melihat Pulung Gantung. Biasanya berupa api cemlorot kekuningan yang terbang dari tempat ke tempat lainya. Terjadi di malam hari, rata rata sebelum jam duabelas di malam itu. Bila waktu itu ada yang melihat atau menyaksikan, hendaknya diceritakan pada keluarga di masarakat. Kalau itu jelas Pulung Gantung, maka warga masarakat harus saling mengadakan pendekatan satu dengan lainya. Dilanjutkan juga untuk jaga malam atau ronds keliling dari rumah kerumah lainnya. Bagi ora g Islam adakan pengajian, tahlil, baca al qur an. Ini agar kita semua dijauhkan dari bencana gantung diri. Walaupun Pulung Gantung biasanya mengejar ngejar atau mencari sasaran. Ibarat setan mengejar atau menggoda manusia. Iblis mencari mangsa, atau Banaspati ingin minum darah manusia. Mungkin jim jahat bertransaksi atau disuruh mengejar mangsanya. Hal itu se.ua adalah perilaku aneh, gaif, sulit karena keterbatasan akal manusia.

Karena sulit dipahami manusia, maka orang harus menggunakan akal sehat untuk menangkis bencana itu. Kesadaran tertinggi sangat digunakan untuk mengendalikan pola pikir kita manusia yang diliputi oleh empat perkara nafsu. Napsu lauamah, nafsu amarah, nafsu mutmainah dan nafsu sufiah harus kita kendalikan keseimbanganya. Selalu ingat pada Tuhan dan beribadah sangat dianjurkan kepada orang. Kehilangan empat napsu atau kecolongan dari empat nafsu tersebut menyebabkan orang mudah dihinggapi pulung ga ntung. Maka kita harus perangi pulung gantung yang menimbulkan bencana kematian bunuh diri dengan cara gantung diri. Tulus mengatakan, walau pernah dilihati Pulung Gantung, kalau kita punya pola pikir kehidupan yang kuat akan menjadikan orang itu kuwat menangkis Pulung Gantung. Hal demikian juga dibenarkan oleh KH Ibnu Hajar Shaleh Pranolo pimpinan Pondok Pesantren Aolia Panggang kec Panggang Gunu gkidul DIY.

Bunuh diri harus dicegah, katanya, kita harus mampu mengendalikan empat nafsu yang menyertai hidup manusia. Kita harus menjalankan ibadah, mendirikan salat lima waktu. Singkatnya mampu menjalankan ibadah dengan penuh penghayatan dan penuh makna sesuai tuntunan hukum agama. Orang yang hidup sendiri dan penuh penderitaan berpenyakit serta dililit utang termasuk putus cinta harus dijaga oleh orang yang sehat jasmani rohani dan sehat sosial termasuk orang yang ketaman penyakit masyarakat atau pekat. Itulah yang harus dijaga demi mengurangi kurban bunuh diri gantung diri. Ingat kita baru bidup di alam kedua, masih dua alam lagi yaitu alam kubur dan alam akhirat atau alam neraka dan alam surga yang kita i ginkan. (Sab).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. Mira16 Maret 2017 at 2:12 pmReply

    salut. kayaknya ini satu2nya resolusi di blog yang membuat resolusi di tahun baru 1 Muharram. sip! tahun ini juga semoga reiylussnoa tercapai. Dan Desember nanti bisa beresolusi lagi.

Tinggalkan Balasan