Dukung SABER PUNGLI sapu bersih Pungutuan liar Bagi Semua Lembaga Pemerintah

Penimbunan Bahan Makanan Jelang Ramadhan Perlu Diwaspadai

By: On:
Penimbunan Bahan Makanan Jelang Ramadhan Perlu Diwaspadai

Grobogan-Cakrawalaonline, Jelang Ramadan dan Idul Fitri 1438 H, harga pangan berpotensi melonjak setiap kalinya. Lonjakan itu diduga terjadi akibat adanya praktik penimbunan bahan pangan.
Untuk mencegah aksi tahunan itu terjadi dan menjaga harga pangan stabil, Polres Grobogan membentuk satuan tugas (Satgas) pengamanan bahan pangan.

Satgas ini akan bertugas menjamin keamanan jalur distribusi bahan pangan, dan menindak praktik penimbunan.

Kapolres Grobogan AKBP Satria Rizkiano SIK MSi MM berharap kehadiran Satgas nantinya bisa membantu masyarakat menekan kenaikan harga-harga pangan menjelang hari-hari besar keagamaan. Untuk itu perlu sinergisitas antar instansi/lembaga untuk menekan kenaikan harga yang kerap terjadi menjelang ramadhan dan idul fitri.

“Intinya mudah-mudahan suplay aman menjelang ramadhan dan idul fitri nanti, masalahnya rantai, spekulan, kartel penimbun kita tangani bersama-sama dan perlu kekompakan, sinergi antar instasi dan lembaga. Jelang Ramadan dan Lebaran, Saya ingin terjadi stabilitas harga sembako. Jangan sampai harganya naik yang memberatkan rakyat,” ujarnya, Selasa (9/5).

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, tugas utama Satgas Pangan adalah memberantas rantai distribusi spekulan dan monopoli harga. Satgas ini juga bertugas memantau harga bahan pokok di pasar.

“Jika ada pihak-pihak yang berani mempermainkan harga menjelang ramadan dan lebaran, mereka akan ditindak secara hukum. Diharapkan selama bulan puasa dan lebaran nanti harga sembako relatif stabil dan tidak ada lonjakan yang signifikan karena bisa mengganggu daya beli masyarakat. Oleh karena itu, ditingkat pusat dibentuk satgas dan kita di daerah juga membentuk satgas untuk melakukan pemantauan sekaligus penindakan jika ada spekulan maupun penimbun-penimbun yang mengganggu gejolak harga sembako ini,” pungkasnya usai melantik Satgas Mafia Pangan di Aula Jananuraga Polres Grobogan. Ng

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan