SRI SULTAN HB X JADI INSPEKTUR UPACARA HARI JADI BANTUL KE 186

SRI SULTAN HB X JADI INSPEKTUR UPACARA HARI JADI BANTUL KE 186


Biro DIY, Bantul – Cakrawalaonline, Upacara Hari Jadi Kabupaten Bantul ke 186 diselenggarakan secara meriah dan dilaksanakan di Lapangan Trirenggo Bantul Kamis (20/07/2017). Upacara yang dilaksanakan dengan Adat Jawa ini tampak khidmat dan penuh makna. Bertindak sebagai Inspektur Upacara pada sore hari itu, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta sekaligus Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengkubuono X.
Dalam pidato yang disampaikan dengan Bahasa Jawa, Sri Sultan Hamengkubuono X menyampaikan beberapa berita teraktual yang terjadi di Yogyakarta akhir-akhir ini.Hal pertama yang disampaikan tersebut terkait dengan pembangunan Bandara Internasional yang akan dibangun di Kabupaten Kulon Progo yaitu Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Beliau mengatakan bahwa Bandara Internasional yang akan beroperasi di Kabupaten Kulon Progo itu, pada tahun ini sudah mulai dibangun. Beliau juga memotivasi Kabupaten Bantul untuk merespon positif dengan adanya Bandara NYIA di Kabupaten Kulon Progo tersebut.Dalam pidatonya, Gubernur Yogyakarta Sri Sultan HB X juga menekankan pada Kabupaten Bantul untuk melakukan sesuatu dan menangkap peluang dengan adanya Bandara Internasional NYIA tersebut.

Hal itu terkait mewujudkannya slogan Bantul “Dengan Semangat Makaryo Mbangun Desa, Kita Wujudkan Masyarakat Bantul yang Sehat,Cerdas dan Sejahtera” . Lebih lanjut, Raja Kraton Ngayogyakarta Sri Sultan HB X juga menyinggung masalah kenakalan remaja (klithih) yang akhir-akhir ini sedang marak di Yogyakarta.Sri Sultan berharap seluruh komponen masyarakat dan instansi-intansi terkait  ikut berperan aktif menyelesaikan masalah tersebut.

Pada Upacara Hari Jadi Bantul ke 186 itu, nampak Dimas Diajeng Bantul berjajar rapi berada di dalam tenda VIP untuk menyambut kedatangan Sri Sultan HB X dan Bupati Bantul Drs. H. Suharsono menuju lapangan upacara. Berbeda dengan Drs. H. Suharsono Bupati Bantul yang terlihat gagah mengenakan pakaian Beskap Adat Jawa lengkap berwarna putih.  Sementara Raja Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengkubuono X datang menuju tenda VIP tersebut, terlihat mengenakan setelan jas safari berwarna hitam lengkap dengan peci bludru hitam serta dasi berwarna merah bunga-bunga. (Sab)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan