Lounching Perpusdes Baktirasa dan KPBL

Lounching Perpusdes Baktirasa dan KPBL


Lampung-Cakrawalaonline, Tujuan untuk masyarakat agar masyarakat gemar membaca yang selama ini sudah mulai dilupakan karena banyaknya pengguna Android atau hp. Sekaligus mengoptimalkan program pemerintah karena sudah dianggarkan untuk perpustakaan.
Dalam acara tersebut dihadiri oleh Eka Riantinawati, SKM M.KES Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan. Selain itu hadir juga Kadis Perpustakaan dan Kearsipan provinsi Lampung ibu Herlina Warga Negara.

Dalam sambutannya Eka Riantinawati mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus kreatif dan inovatif kegiatan membaca dikombinasikan dengan kegiatan seni dan budaya. Bahkan kegiatan membaca lebih menyenangkan jika dilkukan dengan cara yang lebih unik.

Kegiatan kami KPBL (Komunitas Pustaka Bergerak Lampung) mengantarkan buku-buku keprlosok desa dan mengadakan kegiatan di kecamatan guna mengkampanyekan agar masyarakat gemar membaca.

Ketua KPBL M. Hasan Ashari sebagai penyelenggara kegiatan mengatakan bahwa dengan di lounchingkannya Perpusdes desa Baktirasa kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan ini menjadikan motivasi dan support kepada desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, agar perpustakaan desa aktif memberikan pelayanan membaca buku kepada masyarakat. Selain buku di perpustakaan desa ini juga dilengkapi dengan komputer berbasis Internet bantuan dari pemerintah melalui Perpuseru agar masyarakat terutama pelajar yang ingin mendapatkan fasilitas Internet mudah didapatkan.

Di desa Baktirasa juga sedang dibangun taman baca masyarakat agar kegiatan membaca tidak membosankan( monoton) sedang dipersiapkan fasilitas agar lebih cantik dan menarik sehingga masyarakat yang ingin datang meminjam buku bisa bersantai ria menikmati fasilitas yang ada.

“Kegiatan membaca sebaiknya harus dikemas dengan kegiatan yang lainnya seperti yang sudah kami lakukan selama ini. Kami mengajak sekolah dari PAUD, TK, SD, SMP bahkan SLTA untuk meramaikan kegiatan perpustakaan. Untuk PAUD dan TK kami mengadakan lomba mewarnai, tujuannya tidak lain hanya ingin memberikan motivasi kepada anak-anak untuk lebih semangat belajar dan bergaul dengan kawan-kawan lainnya sehingga terbiasa menghadapi keramaian dan belajar bersosialisasi.”

“Kemudian siswa SD kami adakan lomba membaca puisi dan penampilan seni tari dan kegiatan literasi.”

“UNESCO mencatatkan bahwa saat ini minat baca masyarakat Indonesia diurutan 63 dunia, ini yang menjadi motivasi saya bersemangat untuk memperbaiki peringkat tersebut kami brkerjasama mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memikirkan dan bekerja keras untuk terwujudnya minat baca masyarakat semakin baik,” ucap M. Hasan Ashari

Kegiatan positif ini ddkung penuh oleh pemerintah Kabupaten Lampung Selatan mllui di as perpustakaan dan kearsipan. Tar

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan