Dukung SABER PUNGLI sapu bersih Pungutuan liar Bagi Semua Lembaga Pemerintah

APBD Kutim 2018 Bakal Anjlok Lagi 250 Miliar

APBD Kutim 2018 Bakal Anjlok Lagi 250 Miliar


Kutim-Cakrawalaonline, Bupati Ismunandar menyatakan, tahun 2018 mendatang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah  Kabupaten Kutai Timur (Kutim), provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bakal turun Rp 250 miliar dari angka Rp 2,6 triliun menjadi Rp 2.350.000.000.000,-. “Ini mungkin kabar buruk bagi kita semua. kedepan kemungkinan anggaran kita turun lagi,” papar bupati Kutim ketika memimpin rapat ‘koffee morning” di kantornya kawasan Bukit Pelangi, Sangatta, Terkecuali, pekerjaan proyek sedang dikerja bisa saja dllanjutkan. Ini penting menjadi perhatian karena kalau proyek yang masih tahap perencanaan tetap dikerja maka sudah pasti membebani APBD Kutim tahun berikutnya.
Oleh karena itu, lanjut bupati Kutim, proyek yang masih tahap perencanaan sebaiknya disetop dulu. “Proyek yang sedang dikerja dilanjutkan saja. Nanti tahun depan 2018 dibayar. Jadi sebagian APBD Kutim 2018 digunakan untuk membayar utang proyek tahun 2017,” urainya.
Agar pembangunan di Kutim tetap jalan,maka Pemkab terus berupaya mencari sumber-sumber dana.  Termasuk penggalian Pendapatan Daerah (PAD) dari sektor perkebunan. Jadi Kutim tidak hanya menggantung pada dana perimbangan pusat dalam pembiayaan pembangunan untuk masyarakat. Untuk sekadar diketahui, APBD Kutim 2014 mencapai Rp 3,4 triliun. APBD Kutim 2016 Rp 2,6 triliun, dan dalam tahun anggaran berjalan keluar kebijakan pemerintah pusat untuk memangkas Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) senilai Rp 1 triliun. Inilah yang membuat Pemkab Kutim keteteran dalam mencari dana untuk membiaya pembangunan yang telah direncanakan sesuai hasil musyawarah rencana pembangunan daerah kabupaten. bahar sikki

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan