Dukung SABER PUNGLI sapu bersih Pungutuan liar Bagi Semua Lembaga Pemerintah

Pembayaran Non Tunai Di Atas 5 Juta Mulai Diterapkan Awal Tahun 2018

Pembayaran Non Tunai Di Atas 5 Juta Mulai Diterapkan Awal Tahun 2018

image

Grobogan – Cakrawalaonline, Para bendahana pengeluaran SKPD hingga tingkat desa diminta milai menerapkan taransaksi keuangan secara non tunai. Hal itu terungkap dalam sosialisasi pada para pendahara dan pejabat pengelola keuangan yang dilangsungkan di gedung Riptaloka, Senin (9/10).

Sosialisasi itu dilakukan terkait adanya kebijakan transaksi pembelanjaan secara nontunai sesuai dengan surat edaran Kemendagri No. 910/1867/SJ tertanggal 17 April lalu. Pembelanjaan non tunai ini juga bertujuan untuk mengurangi risiko penyelewengan penggunaan anggaran.

Kabid Perbendaharaan Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Djasman menyatakan, pelaksanaan transaksi non tunai akan dilakukan secara bertahap. BPPKAD memberikan pembatasan, transaksi Rp 5 juta harus dilakukan secara non-tunai. Sementara, transaksi di bawah Rp 5 juta masih dapat dilakukan secara tunai.

’’Pelaksanaannya kita lakukan bertahap dulu supaya bendahara tidak kaget dengan perubahan ini. Pemberlakuan secara efektif mulai 1 Januari 2018,” jelasnya.

Ia mengatakan pembayaran non-tunai dilakukan untuk memudahkan transaksi. Selain itu, melalui transaksi non-tunai akan membantu bendahara terhindar dari risiko kesalahan pembukuan dan penyalahgunaan anggaran.

’’Surat edaran sudah turun 17 April lalu. Sesuai surat edarat itu, pemerintah daerah diminta mengimplementasikan transaksi non tunai pada 1 Januari 2018 nanti. Dalam sosialisasi ini kita juga melibatkan pihak Bank Jateng,’’ katanya. Ng

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan