Dukung SABER PUNGLI sapu bersih Pungutuan liar Bagi Semua Lembaga Pemerintah

Diprediksi Jumlah Golput Pilkada Sumsel 2018 Capai 30 Persen

Diprediksi Jumlah Golput Pilkada Sumsel 2018 Capai 30 Persen

Palembang,  Lembaga Survey IT-Research and Politic Consultant (iPOL) Indonesia memprediksi akan banyak warga yang tidak akan mencoblos atau Golongan Putih (Golput) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Sumatera Selatan (Sumsel) 2018 mendatang.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, jumlah penduduk di Sumsel tahun 2015 mencapai lebih dari 8 Juta Jiwa. iPOL Indonesia memprediksi sekitar 30 persen warga Sumsel atau sekitar 240 ribu warga yang memilih Golput.

Menurut Petrus Haryanto, Founder and CEO iPol Indonesia, prediksi dari teknologi politik tersebut karena masih kurangnya sosialisasi.

Kawasan Sumsel yang tiga kali lebih besar dibandingkan Jawa Barat (Jabar) dan dua kali wilayah Jawa Timur (Jatim) akan sangat sulit dijangkau jika tidak menggencarkan sosialisasi.

Seperti contohnya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2013, potensi golput Pilkada mencapai 36 persen, dengan partisipan hanya 64 persen. Pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki bisa unggul karena sudah mendapatkan suara lebih dari 2 juta pemilih.

“Walau ada sosialisasi rumah pintar,tapi Sumsel kawasannya luas. Tidak ada sosialisasi ke masyarakat tradisional,” ucapnya.

Para kandidat yang gencar menggunakan medsos, bisa berpeluang menggandeng pemilih muda. Ada sekitar 2,2 Juta pengguna medsos yang aktif di Sumsel, terutama di 7 kabupaten/kota besar, seperti di Palembang, Kabupaten Ogan Ilir dan Kota Prabumulih.

Menurutnya, para kandidat saat ini menunjukkan tren yang sama, yaitu menggunakan viral aktifitas, sehingga bisa mendongkrak popularitas dan elektabilitas

“Dulu pemilih 2 Juta untuk Alex-Ishak bisa memenangkan Pilkada 2013. Sekarang bisa juga, sekitar 50 persen, atau 1 juta pemilih saja. Tidak hanya tergantung pada pemilih irasional saja,” ucapnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan