Dukung SABER PUNGLI sapu bersih Pungutuan liar Bagi Semua Lembaga Pemerintah

Jelang Siraman Kahiyang, Polisi Militer Bersiaga di Rumah Jokowi

Jelang Siraman Kahiyang, Polisi Militer Bersiaga di Rumah Jokowi

Jakarta, Rangkaian prosesi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution dimulai hari ini. Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memasangkan bleketepe di kediamannya di Jalan Kutai Utara Kota Solo, Jawa Tengah.

Selasa (7/11/2017), lalu lintas di depan kediaman Jokowi ramai lancar. Kendaraan roda dua dan empat terlihat masih melintas di depan gang rumah mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Kendati begitu, pengamanan di sekitar kediaman Jokowi tampak ketat. Polisi militer di depan kediaman Jokowi serta beberapa orang yang berkemeja batik tampak berjaga.

Sebelumnya, Jokowi telah memasang bleketepe sebagai rangkaian prosesi pernikahan putrinya Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Pemasangan bleketepe dilakukan di kediaman Jokowi di Solo.

Dalam tradisi Jawa, Bleketepe adalah daun kelapa yang masih hijau dan dianyam dengan ukuran rata-rata 50 cm x 200 cm.

Bleketepe yang dipasang di tarub dan mengelilingi area untuk pernikahan, merupakan perwujudan dari suatu tempat pensucian di kahyangan para dewa yang dinamakan Bale Katapi.

Pemasangan bleketepe biasanya dilengkapi dekorasi atau hiasan dari tumbuhan, seperti pohon pisang raja, pohon tebu, daun beringin, buah kelapa gading dan lainnya. Pemasangan bleketepe dilakukan sendiri oleh orang tua mempelai wanita, sebelum prosesi siraman.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan