Dukung SABER PUNGLI sapu bersih Pungutuan liar Bagi Semua Lembaga Pemerintah

PEJABAT KABUPATEN NGIBING LEDEK DI DESA KEMIRI

PEJABAT KABUPATEN NGIBING LEDEK DI DESA KEMIRI

Biro DIY-Gunungkidul, cakrawalainterprize.com – Pejabat kabupaten Gunungkidul ngibing seni ledek di desa Kemiri kecamatan Tanjungsari, belum lama ini. Wajar beliau memang diminta oleh warga masyarakat dan panitia dalam acara gelar potensi seni desa rintisan desa budaya di wilayah kabupaten Gunungkidul propinsi DIY.

Dua orang pejabat dinas kabupaten bersama camat Tanjungsari dalam kesempatan itu dipandu panitia untuk ngibing seni ledek. Memang gadis gadis di wilayah desa Kemiri cantik dan sangat memuaskan untuk ditonton, lebih lebih untuk diajak njoget, tentu tidak membosankan. Sering juga seni Ledek ini digelar di pantai Baron, pantai Kukup, pantai Sepanjang dan pantai selatan di wilayah Gunungkidul.

Sehingga membuat penasaran bagi pejabat kabupaten untuk ikut merasakan ngibing ledek yang menari berlenggak lenggok kian kemari kian cantik untuk dirasakan penonton dan pengibing. Tentunya tidak hanya warga masyarakat yang ingin ngibing Ledek itu. Tetapi kesempatan itu sangat singkat sehingga membuat penasaran semua orang ingin menikmati njoget bareng ledek cantik yang sering manggung menghibur wisatawan di pantai selatan.

Tidak hanya seni Ledek yang digelar dalam gelar potensi seni rintisan desa budaya di desa Kemiri kecamatan Tanjungsari. Tetapi memang Seni Ledek itu sering membuat penasaran bagi pemirsa dan penikmat seni panggung. Kok ya dipilih wanita yang sedang mekar dan cantik, tentu saja ini membuat kita semua ketagihan untuk menikmati Seni Ledek dari Desa Kemiri Tanjungsari.

Sampai tidak bisa ngomong sang camat Tanjungsari setelah turun panggung dari ngibing Ledek itu. Beda dengan sang pejabat dinas, walaupun agak tua dikit tapi jogetnya masih wantek. Nampaknya memang tahan banting walaupun tidak dibanting oleh sang ledek. Tetapi gaya ngibing dari pejabat dinas kabupaten memang supel, seolah terbius oleh suasana senang. Itu belum di atas panggung yang lebih tinggi, bila manggungnya di pantai Baron atau pantai selatan Gunungkidul joget Ledek desa Kemiri akan lebih mantap lagi.

Mantap memang, sehingga Ledek Kemiri sering main di pantai selatan Gunungkidul. Karena pantai selatan seperti Baron, Kukub, Krakal dan pantai Sepanjang sering juga disuguhkan kesenian Ledek bersama pengiring wanita cantik untuk memikat penonton dan pengunjung atau wisatawan luar daerah dan lokal termasuk turis kepala putih.

Kepala desa Kemiri yang akrab dipanggil Samidi terasa lega menyaksikan pagelaran berbagai seni dalam acara itu. Tapi lebih puas menyaksikan dua pejabat diatasnya yang dipandu dan dipaksa untuk Ngibing Ledek dalam acara gelar seni rintisan desa budaya di desa Kemiri kecamtan tanjungsari.

Kades berpesan kepada masyarakat untuk lebih serius dalam mensikapi tentang pertumbuhan seni dan budaya agar tetap dilestarikan untuk kekayaan seni budaya bagi masyarakat. “Kami cukup puas dalam gelar seni rintisan desa budaya ini membuat puas bagi masyarakat. Ke depan agar selalu disiasati tentang berbagai masalah, agar nantinya pencapaian desa budaya tercapai selambatnya tahun depan sudah masuk kategori itu,” ungkap Samidi. (Sab)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan