Disergap Petugas, Blandong Lari Tunggang Langgang Tinggalkan Truck Bermuatan 29 Balok Jati

Disergap Petugas, Blandong Lari Tunggang Langgang Tinggalkan Truck Bermuatan 29 Balok Jati

Grobogan-Cakrawalaonline, 29 batang kayu jati yang di duga illegal berhasil di amankan petugas Perhutani KPH Purwodadi pada hari Minggu (4/2) kemarin. Ke 29 kayu jati dengan berbagai ukuran yang di angkut oleh 1 unit truk itu di tangkap saat melintas di Desa Putatsari Kecamatan Grobogan. Hal ini di ungkapkan oleh wakil administratur KPH Purwodadi Teguh Waluyo tadi siang di kantornya, Senin (5/2).

“Penangkapan ini di lakukan saat petugas curiga ketika berpapasan dengan sebuah truk bernopol K 1456 UF warna kuning yang sedang mengangkut kayu jati ketika melintas di lokasi yang tak jauh dari lokasi penangkapan,” jelasnya.

Lebih lanjut Teguh menceritakan kronologis penangkapan puluhan kayu jati tersebut berawal ketika Pabin Pehutani Aiptu Lanjarman beserta anggotanya hendak melangsungkan patroli rutin di wilayah BKPH Linduk. Ketika sampai di Dusun Karangjati, Desa Putatsari, petugas berpapasan dengan truk warna kuning yang sempat terlihat sedang membawa muatan kayu. Karena curiga, petugas kemudian putar balik untuk mengejar truk tersebut hingga sampai di Dusun Babatan, Desa Putatsari. Melihat ada petugas yang mengejar, sopir truk kemudian menghentikan kendaraannya. Selanjutnya, sopir itu langsung melarikan diri meninggalkan kendaraannya.

“petugas saat mengejar truk tersebut berhenti dan sopirnya melarikan diri dengan keadaan kunci kontak masih menempel pada truk, dan langsung kita amankan truk beserta muatannya untuk di lakukan pemeriksaan lebih lanjut,” terangnya.

Masih menurut Teguh bahwa saat di lakukan pengecekan ada 29 batang kayu jati yang sudah berbentuk potongan balok yang terdiri berbagai ukuran. Yakni, panjangnya berkisar 90-230 centimeter dengan ketebalan 10-19 centimeter sedangkan kayu jati yang berbentuk gelondongan dengan ukuran panjang 200-310 centimeter dan diameternya 16-19 centimeter. Secara keseluruhan volume mencapai 1,15 meterkubik dengan usia kayu jati berkisar 25 hingga 30 tahun.

“Kami menduga kayu jati tersebut hasil pencurian pohon di wilayah BKPH Linduk. Hal ini juga diperkuat dengan adanya laporan kehilangan pohon di wilayah tersebut, beberapa hari yang lalu,” ungkapnya.

Teguh juga menjelaskan jika penanganan selanjutnya, akan di laporkan dan di serahkan barang buktinya berupa 1 unit truk yang bermuatan kayu jati ke Polres Grobogan, karena itu sudah kewenangan Polisi untuk melakukan penyidikan. Dan kami menghimbau agar pelaku menyerahkan diri karena identitas pelaku sudah kami kantongi, sesuai STNK truk yang tertinggal yakni atas nama Sudiyo warga Dusun Linduk Desa Lebak Kecamatan Grobogan. Dan juga masyarakat agar ikut mengawasi pencurian kayu di hutan. Ng-Awg

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan