Gombang Lancar Gunakan Dana Desa

Gombang Lancar Gunakan Dana Desa

 Biro DIY, Gunungkidul – Cakrawalaonline.com – Sukiran Ahmat Syarifudin mengungkapkan bahwa penggunaan Dana Desa 2017 di desa Gombang berjalan lancar. Dana tersebut digunakan untuk pembuatan (JUT) atau Jalan Usaha Tani, dan pembangunan Gedung PAUD  atau gedung Pendidikan Anak Usia Dini yang lokasinya di sebelah timur kantor desa Gombang dan sebelah utara jalan.

 

Selain itu untuk pembangunan infrastruktur padukuhan. Dan pemberdayaan masyarakat yaitu untuk pelatihan ibu-ibu di bidang ekonomi produktif 16 orang dan untuk menjahit sebanyak 10 orang. Untuk pemberdayaan warga masyarakat dirasa mendapat kepuasan dari peserta pelatihan dan menjahit.

 

“Dana desa digunakan dua bidang yaitu untuk Pelaksanaan Program Pemerintahan Desa. Dan untuk Pemberdayaan Masyarakat Desa,” demikian dibeberakan oleh kades Gombang kecamatan Ponjong kabupaten Gunungkidul propinsi DIY.

 

Penggunaan Dana Desa itu ditahun 2017 bila dibanding tahun 2018 menurun. Karena dari pusat memang sepertinya diturunkan dari tiap-tiap penerima Dana Desa. Hal itu juga diakui oleh masing-masing desa di setiap pedesaan, hal ini juga menurut pantauan wartawan Dana Desa turun di tahun 2018 ini.

 

Walaupun jumlah Dana Desa yang turun lebih kecil, bagi kades Gombang tidak jadi masalah. Karena hal tersebut merupakan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah. “Ya bagi kami harus mengerti, tidak jadi masalah tentang turunnya Dana Desa tahun ini. Karena itu semua adalah kebijakan pemerintah,” ungkap kades.

 

Bicara soal pembangunan yang telah dilaksanakan tahun 2017 itu, yang menggunakan Dana Desa itu, bagi masyarakat cukup puas hasilnya. Tentang Jalan Usaha Tani di wilayah desa  Gombang sudah bisa digunakan oleh warga masyarakat. Tentang pelatihan ekonomi produktif dan pelatihan menjahit juga diakui warga cukup bermanfaat.

 

Dengan demikian kades Gombang mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah menurunkan Dana Desa untuk pembangunan di wilayah pedesaan di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. “Bagi kami cukup bersukur, karena dengan dana desa kita semua bisa memberdayakan pembangunan di tingkat pedesaan,” ujar kades. (Sab)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan