Gegerkan Warga, Pengeboran Minyak Di Gabus Bocor Keluar Gas Campur Air

Gegerkan Warga, Pengeboran Minyak Di Gabus Bocor Keluar Gas Campur Air

Grobogan-Cakrawalaonline, Telah terjadi kebocoran gas dilokasi pengeboran minyak di sumur tua Mbapo Ds. Bendoharjo Kec. Gabus, kemaren Senin (5/2) sore pukul 15.45 wib. Kebocoran gas bercampur air dan minyak tepatnya di pengeboran sumur 22.

Namun gas yang keluar sampai saat ini tidak mengandung racun dan belum ditangani pihak pengebor yakni PT KJB dari Jakarta yang Subkon ke PT Nureka yang memiliki kontrak kerjasama dengan Pemkab Grobogan untuk eksploitasi pengeboran minyak di sumur minyak tua Mbapo Ds. Bendoharjo Kec. Gabus.

Sebelumnya pada awal Agustus 2017 juga pernah terjadi kebocoran serupa di Sumur 24 setelah sempat keluar minyak sebanyak 13.000 liter dengan pengebor dari PT. Regarda. Setelah kebocoran gas pada awal Agustus 2017 bisa ditutup PT Regarda tidak melanjutkan kontrak kerja dengan PT Nureka dan aktifitas pengeboran sempat terhenti beberapa bulan.

Kemudian pada bulan Nopember 2017 kegiatan pengeboran dimulai kembali oleh PT KJB dari Jakarta dan pada awal Januari 2018 sudah keluar minyak dan dikirim ke Pertamina sebanyak kurang lebih 20.000 liter sampai akhirnya pada hari Senin tanggal 5 Februari 2018 sumur 22 mengalami kebocoran. Tonton VIDEONYA di bawah ini:

 

https://www.youtube.com/watch?v=fHSf_Y2NmcU

Menurut keterangan Samsul dari pihak PT Nureka dan Nova dari pihak BUMD Purwa Aksara Kab. Grobogan selaku pengawas eksploitasi pengeboran bahwa kebocoran tersebut disebabkan klep pipa yang tidak mampu menahan tekanan minyak bercampur air dan gas yang keluar.

Siang tadi Muspika beserta Asper Perhutani BPKPH Trembes KPH Randublatung meninjau lokasi sumur minyak yang bocor.

Sampai saat ini pihak KJB dan Nureka masih menunggu klep pipa datang dari Jakarta untuk menambal kebocoran tersebut dan rencana besok dari Badan Lingkungan Hidup Porpinsi akan meninjau lokasi. Ng-And

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan